Ngopi

Kopi dan InternetBingung mau nulis apa untuk paragraf awal artikel, jadinya saya langsung menuliskan seperti ini.
Agar tidak dianggap kaku, jadinya berusaha untuk sedikit luwes meskipun agak memaksa.
Dan agar terlihat lebih jujur terhadap pembaca, mencoba mengapresiasikan tulisan dengan apa adanya karena kalau ditutup-tutupi malah kelihatan bohongnya.

Saat nulis judul artikel ini.. saya jadi pingin ngopi lagi.. šŸ™‚
Padahal tadi pagi sudah minum kopi.
Tapi lagi mood untuk nulis ini jadi saya urungkan dulu niat untuk ngopi lagi.
Gak baik lah kalau terus-terusan ngopi, selain gak baik untuk badan juga gak baik untuk keuangan kita, ngenes ya.. lagi bokek.

Gak tau juga tradisi minum kopi ini berasal dari mana?
Apa warisan budaya dari penjajah belanda dulu?
Atau hanya strategi dari pemilik warung kopi?
Kalau di urut-urut kayaknya kita gak bakalan ngerti deh.. berasal dari manakah budaya ngopi ini? kecuali yang menyelidikinya adalah memang seorang sejarawan dan peminum kopi tulen.
Kalau sejarawan tersebut hanya penggemar teh hangat manis mungkin dia akan malas menyelidiki asal-usul tradisi ngopi ini.

Mungkin budaya ngopi ini hanya ada di indonesia.
Ngobrol berjam-jam dengan menghabiskan ber batang-batang r0k0k.
Apalagi r0k0k “di-cethe” (tradisi orang jawa dengan menggambarkan pada batang r0k0k dariĀ sisa kopi yang ada di cangkirnya) dengan bermacam corak, selain menambah mantap rasa r0k0k, dengan cethe ini r0k0k pun menjadi lebih awet karena pembakarannya tidak hanya padaĀ tembakau dan kertasnya tapi diperlambat dengan olesan kopi yang mengering pada kertas r0k0knya.
Asapnya pun akan menjadi sedikit lebih tebal.

Bersambung..

Advertisements

One thought on “Ngopi

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s